[Gratis] Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah Nasional 2018 dari Kemendikbud total Hadiah 200 Jt

[Gratis] Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah Nasional 2018 dari Kemendikbud total Hadiah 200 Jt
Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah Nasional 2018 dari Kemendikbud


Assalamu'alaikum,
Hallo pembaca Blog Informasi Lomba, Informasi Lomba terbaru yang akan kami bagikan kali ini adalah Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah Nasional 2018 yang diselenggarakan oleh Direktorat Sejarah, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Lomba ini tidak dipungut Biaya alias Gratis

Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah Nasional 2018 Kemendikbud RI


Tema besar yang diangkat adalah sebagai berikut;

SEJARAH IDENTITAS NEGERIKU – “Anak Muda Melek Sejarah”

PELAKSANAAN LOMBA KREASI AUDIOVISUAL SEJARAH

Persiapan Administratif 

  1. Peserta Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah harus memenuhi kriteria sebagai berikut:
  2. Memiliki perhatian terhadap sejarah dan budaya; 
  3. Karya dalam Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah belum pernah diikutsertakan dalam lomba apapun; 
  4. Memiliki motivasi dan komitmen yang kuat untuk mempelajari pembuatan dokumenter sejarah berupa audio dan visual; 
  5. Peserta merupakan tim/kelompok yang tediri dari tiga orang pelajar SMA/ SMK/ MA sederajat; 
  6. Mengirimkan Proposal yang berisi judul, alur cerita, dan sinopsis dokumenter audiovisual yang akan dibuat maksimal 5 lembar; 
  7. Melampirkan biodata peserta, surat ijin dari Kepala Sekolah; 
  8. Melampirkan fotocopy kartu pelajar; 
  9. Bersedia mengikuti seluruh rangkaian kegiatan apabila terpilih sebagai peserta; 
  10. Menandatangani surat pernyataan akan mengirimkan hasil visualisasi kesejarahan dalam bentuk file atau DVD perekaman kepada panitia, setelah proses workshop; 
  11. Hak cipta karya ada pada peserta; 
  12. Hak terbit karya ada pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; 
  13. Penggunaan backsound/musik milik orang lain harus mendapatkan izin dari pencipta. 

Tahapan Kegiatan Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah 
  1. Pengumuman dan Pengumpulan Proposal, - Direktorat Sejarah membuat pengumuman mengenai Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah yang dikirim ke Sekolah SMA/SMK/MA sederajat di seluruh Indonesia untuk disebarluaskan kepada para pelajar 29 Januari s.d 29 Maret 2018. 7 
  2. Seleksi proposal, - Seleksi peserta Lomba dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari Direktorat Sejarah, sejarawan, antropolog, pakar bidang dokumenter, dan wakil dari Direktorat Sejarah 2 April 2018. 
  3. Pengumuman Proposal Terpilih, - Enam Puluh (60) proposal terpilih akan diumumkan di website http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditsejarah/ dan para peserta akan dihubungi oleh panitia. 
  4. Workshop, - Para peserta yang lolos seleksi proposal akan mengikuri workshop perekaman. Peserta workshop terdiri dari 60 tim, yang akan mengikuti workshop dengan komposisi 20 tim di Medan, 20 tim di Bogor, dan 20 tim di Makassar dengan rentang waktu pelaksanaan 18 April – 19 Mei 2018 dan untuk lokasi workshop akan disesuaikan berdasarkan domisili tempat tinggal peserta. 
  5. Riset dan Perekaman, - Setelah mengikuti workshop, peserta melakukan riset pustaka maupun wawancara narasumber terkait di daerah masing-masing. Setelah melakukan riset baik primer dan sekunder peserta melakukan perekaman yang akan dituangkan dalam bentuk DVD berurasi 15 s.d 20 menit. 22 April – 19 Juli 2018. 
  6. Penerimaan DVD peserta oleh panitia, - Setelah perekaman, peserta mengirimkan DVD karya kepada panitia paling lambat pada tanggal 21 Juli 2018. 
  7. Penjurian 10 Besar, - Tim Juri akan melakukan penilaian karya perekaman dan memilih 10 karya terbaik untuk mengikuti babak final, pada 23 Juli 2018. 
  8. Finalisasi dan Apresiasi Pemenang, - Finalis melakukan presentasi karya dihadapan para juri untuk menentukan Pemenang. Pelaksanaan finalisasi dan Apresiasi Pemenang akan diselenggarakan di Jakarta pada bulan Agustus 2018. 
  9. Evaluasi dan Pelaporan, - Panitia berkewajiban membuat evaluasi dan pelaporan kegiatan setelah rangkaian kegiatan berakhir akhir Agustus 2018.
Total haidah Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah Nasional 2018 dari Kemendikbud adalah 200 juta

Petunjuk pelaksanaan (juklak) Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah (LKAS) tahun 2018 bisa diunduh di sini.

Demikian informasi Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah Nasional 2018 dari Kemendikbud yang dapat kami sampaikan dalam Blog Informasi Lomba ini. Adapun untuk syarat dan ketentuan umum dalam lomba silahkan bisa dowload panduan lengkapnya di sini atau bisa juga kalian dengan menghubungi pihak penyelenggara dengan alamat lengkapnya adalah sebagai berikut;

  • Imam (081210162779)
  • Ami (081321602430)
  • Naimah (082312314041)
  • Yorki (085722749200)

Posting Komentar

0 Komentar